0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Sapi Kurban di Wonogiri Melejit

Ilustrasi Sapi

Wonogiri — Sejak awal Agustus lalu sebanyak 187 ekor sapi jantan, 34 ekor sapi betina, dan 1.604 ekor kambing/domba dikirim ke luar Wonogiri. Ternak tersebut dikirim hingga ke Jawa Barat dan Jakarta.

“Jelang Idul Adha harga sapi dewasa jenis Peranakan Ongole (PO) dan Brahman sudah mengalami peningkatan, dari harga sebelumya yakni Rp 16 Juta kini menjadi Rp 17 Juta perekornya,” ungkap Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri, Rully Pramono Retno didampingi Kasi Kesejahteraan Masyarakat Veteriner, Pandoyo, Kamis (27/8)

Dikatakan, lonjakan pengiriman sapi ke luar daerah diperkirakan akan berlangsung pekan ke dua sebelum Idul Adha mendatang.

“Empat pekan sebelum Idul Adha ini sudah ada peningkatan, tetapi belum begitu tinggi. Soalnya, kalau terlalu lama merawat, ongkosnya juga mahal,” terangnya.

Menurutnya, kesehatan ternak yang akan dikirim ke luar daerah selalu diperiksa secara teliti. Sejak dari pasar hewan, ternak-ternak yang akan dikirim itu diperiksa terlebih dahulu kemudian diberi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

“Para pedagang sekarang tidak berani mengirim kalau tidak ada surat. Karena kalau lewat Pos Pemeriksaan Hewan bisa kena denda sepuluh kali lipat dari biaya pembuatan surat,” katanya.

Ditambahkan, harga sapi sudah mengalami peningkatan tak hanya PO dan Brahman, namun sapi jenis Limousin dan Simental lebih mahal lagi dengan selisih Rp 2-3 juta per ekor dibanding sapi PO dan Brahman. Sedangkan, sapi Limousin besar ada yang mencapai Rp 27,5 Juta per ekor.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge