0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panwaslu Surati KPU dan Satpol PP Terkait Alat Peraga Sosialisasi

timlo.net/putra kurniawan

Anggota panwaslu Sukoharjo Muladi Wibowo

Sukoharjo — Panwaslu Sukoharjo merekomendasikan kepada KPU dan Satpol PP segera mencopot sekitar 100 alat peraga sosialiasasi milik pasangan calon. Pasalnya, alat peraga kampanye selama masa kempanye sudah diatur titik dan jumlahnya.

“Kita sudah krim surat rekomendasi kepada KPU dan Satpol PP untuk mencopot alat peraga sosialisasi yang selama ini tersebar di area publik, karena sudah jelas aturannya APK selain yang dicetak KPU dilarang,” kata Anggota Panwaslu Sukoharjo, Muladi Wibowo, Kamis (27/8).

Meskipun sanksi pelangaran APK hanya sebatas administratif dan paling berat pembredelan oleh petugas, namun Panwaslu tetap menaruh perhatian penuh. Pasalnya, dalam UU Nomor 8 Tahun 2015 prinsipnya masing-masing calon mempunyai kesempatan yang sama, karena sudah dibiayai negara.

Dan pada pilkada serentak kali ini, KPU telah menyediakan alat peraga kampanye dengan porsi yang sama kepada seluruh pasangan calon. Sedangkan calon bisa membuat sendiri bahan kampanye sesuai ketentuan dan bernilai di bawah Rp 25 ribu.

“Untuk masa kampanye dan APK sudah diatur dan aturannya cukup jelas, APK diluar yang dicetak KPU itu melanggar, sedangkan bahan kampanye tidak boleh dipasang di publik area,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge