0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polisi Siapkan Dua Penyidik Khusus Pilkada

timlo.net/putra kurniawan

Rakor pengawasan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati

Sukoharjo — Polres Sukoharjo membentuk tim khusus menangani kasus tindak pidana pemilu beranggotakan dua orang penyidik. Meskipun sejauh ini belum nampak adanya potensi pelanggaran yang masuk ranah pidana dalam proses tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2015.

“Sudah saya sprint dua orang anggota penyidik yang nantinya mereka fokus menangani kasus pidana ataupun pelanggaran pemilu, agar fokus satu kasus saja karena menyangkut masa depan pemerintah daerah,” kata Kapolres Sukoharjo, AKBP Andy Rifai, Kamis (27/8).

Dalam menangani kasus pelanggaran yang masuk ranah pidana pemilu, polisi sifatnya menindak lanjuti keputusan Gakumdu. Dengan alur, Panwaslu terlebih dahulu mengkaji, kemudian jika ada indikasi pelanggaran dibawa ke Gakumdu dan seteleh dilakukan pembahasan, jika masuk unsur polisi yang melakukan penyidikan.

Sementara itu, untuk mencegah adanya tindakan pelanggran pemilu ataupun pidana pemilu, Panwaslu Sukoharjo terus melakukan sosialisasi kepada seluruh unsur masyarakat. Dan yang terakhir, seluruh Ketua Pnawascam, PPK dan Kasitrantib Kecamatan diberikan juga diberikan sosialisasi.

“Untuk proses pilkada kali ini memang harus banyak sosialisasi, karena memang aturan yang digunakan sebagian besar baru dan ada sejumlah kasus yang aturannya belum begitu jelas,” tandas Anggota Panwaslu Sukoharjo, Muladi Wibowo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge