0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Satpol PP Solo Dinilai Lamban Tertibkan APK

Ketua Panwaslu Solo, Sri Sumanta (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Satuan Polisi (Satpol) PP Solo dinilai lamban dalam melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK). Pasalnya, hingga kini, belum ada penertiban APK oleh Satpol PP.

“Sebenarnya surat ke Satpol sudah dua kali kami kirim untuk melakukan koordinasi. Kita sudah siap (untuk penertiban), hanya tim penertiban (Satpol) bagaimana? Satpol itu kan juga bagian desk Pilkada,” kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo, Sri Sumanta kepada wartawan, Kamis (27/8).

Dijelaskannya, Satpol PP baru mengundang rapat koordinasi penertiban APK, Jumat (28/8) besok. Rakor penertiban esok hari dinilainya terlambat lantaran seharusnya penertiban APK sudah dilakukan Kamis (27/8) ini.

Penertiban APK, ungkap Sumanta, justru dilakukan oleh tim pemenangan pasangan calon. Seperti hari ini, tim paslon Anung-Fajri melakukan penurunan APK milik mereka. Sementara, PDIP melakukan penertiban APK miliknya, Rabu (26/8).

Anggota Komisi I DPRD Solo, Abdullah AA juga menyayangkan lambannya penertiban APK oleh Satpol PP. Tidak hanya dalam soal penertiban APK, Satpol juga dianggap lambat dalam penegakan perda.

Terpisah, Kepala Satpol PP Sutarjo mengakui sudah mendapat surat dari Panwaslu mengenai titik-titik APK yang harus ditertibkan. Namun, penertiban itu memerlukan koordinasi dengan SKPD terkait seperti DTRK, Dishubkominfo, DPPKA, Kesbangpol bagian Hukum.

“Besok kami rapat koordinasi, disitu sekalian membentuk Tim. Di PKPU kan malah Panwas yang koordinasi dengan Satpol PP,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge