0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebakaran Hutan Lawu Ancam Sumber Air

IMG_8742
Kebakaran hutan di Gunung Lawu ()

Karanganyar — Kebakaran hutan lindung Gunung Lawu mengancam sejumlah sumber air yang dimanfaatkan warga sekitar. Berbagai upaya dilakukan untuk menyelamatkan sumber air yang digunakan ratusan warga tersebut.

“Warga bersama relawan terus memantau dan melokalisir sumber air agar tidak terbakar,” kata Kasi Pemerintahan Desa Gumeng, Jenawi, Karanganyar, Sutardi, Kamis (27/8).

Dikatakan, sejumlah pipa berukuran besar yang mengalirkan air ke dusun yang ada di bawahnya terancam rusak jika kebakaran sampai di sumber air tersebut. Selain itu dampak jangka panjangnya adalah daerah tangkapan air jadi berkurang.

“Minimal satu tahun ke depan akan terasa debit air akan menurun,” jelas Sutardi.

Sutardi menambahkan  saat ini ada ratusan warga yang ada di lima dusun di Kelurahan Gumeng Jenawi yang memanfaatkan air dari Gunung Lawu. Sumber air itu berada di Bukit Gunung Piling di sekitar Pos Tiga. Saat ini kata dia sejumlah relawan dari berbagai elemen sudah berusaha melokalisir api dan mengamankan sumber air tersebut.

“Kalau info terakhir yang kami dapatkan, saat ini api sudah masuk ke hutan yang berada di wilayah Tambak dan Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar,” jelasnya.

Seperti diketahui, kebakaran yang melanda Hutan Lindung Gunung Lawu, hingga Kamis (27/8) belum berhasil dipadamkan. Angin kencang dan udara kering akibat kemarau semakin mempercepat meluasnya daerah yang terbakar. Upaya relawan untuk mnemadamkan api nampaknya belum membuahkan hasil positif.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge