0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

WNA yang Digerebek Bawa Sabu

dok.merdeka.com

30 WNA yang digerebek polisi

Timlo.net – Polisi bersama petugas Imigrasi dan Bea Cukai membongkar sindikat narkotika internasional, cyber crime serta penggelapan paspor yang dilakukan sindikat warga negara asing (WNA) asal Taiwan, China juga Indonesia.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri, Brigjen Anjan Pramuka Putra mengatakan, terungkapnya kedua kasus tersebut didapat dari hasil pengembangan yang dilakukan oleh pihak kepolisian bersama petugas imigrasi dan bea cukai. Dimana pemalsuan imigrasi dan penipuan cyber crime dilakukan oleh 30 warga negara Taiwan.

“Baru kemarin dua hari lalu mendapatkan pengembangan ternyata jaringan ini tidak hanya melibatkan khusus narkotika, juga kasus pemalsuan keimigrasian, yaitu berikut juga setelah kita kembangkan di Bandung, kita amankan sebanyak 30 orang WN Taiwan, di mana ada kejahatan cyber crimer,” kata Anjan, Kamis (27/8).

Anjan menambahkan, WNA menggunakan sejumlah alat penipuan cyber crime untuk melakukan penipuan di luar Indonesia. Sementara itu, indikasi penipuan tersebut terkait masalah perbankan.

“Ini kita kembangkan. Jadi kami belum bisa mendalami karena sekarang kita turun pun bekerja sama dengan Dirjen Imigrasi dan Direksus Kasubdit cyber crime. Kita rekonstruksi masalah ini,” imbuh Anjan.

Sedangkan untuk narkoba sendiri, Anjan mengaku tidak banyak ditemukan karena obat terlarang tersebut hanya untuk dikonsumsi oleh WNA.

“Khususnya para perempuan, sekitar 14 orang perempuan, dan 16 laki-laki. Kurang lebih dua gram. Setelah kita periksa urine memang benar mereka menggunakan sabu. Karena untuk kerja di sana ritmenya sampai dini hari untuk melakukan penipuan,” pungkasnya.

[did]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge