0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

1 Calhaj Wonogiri Dirujuk ke RSUD Dr Moewardi

dok.timlo.net/tarmuji
Tes kedua Calhaj Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Dari 349 calon haji (Calhaj) asal Wonogiri, 29 di antaranya diwajibkan mengikuti pemeriksaan tahap kedua di RSUD Wonogiri. Sementara Calhaj lainnya cukup menjalani pemeriksaan di Puskesmas setempat. Sedang, 1 Calhaj terpaksa harus dirujuk ke rumah sakit lantaran mengidap alergi pada meningitis

“Ada satu orang (Calhaj), tapi maaf kami tidak bisa sebutkan namanya,” ungkap Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medis RSUD Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, Pratikto Widodo, Kamis (27/8).

Dikatakan, sejak dari Puskesmas hingga RSUD, Calhaj tersebut selalu menunjukkan gejala alergi ketika vaksin meningitis dimasukkan ke dalam tubuh. Tidak ingin terjadi hal-hal yang di luar kendali, pihaknya kemudian mengambil kebijakan perujukan ke RSUD Dr Moewardi Solo.

“Terus terang tenaga medis khususnya anestesi di RSUD Wonogiri sangat minim, juga dengan peralatannya,” jelasnya.

Ditambahkan, Calhaj  memang mengalami sejumlah gangguan kesehatan. D iantaranya diabetes, hipertensi, maupun TBC. Namun tidak terlalu mengkhawatirkan, penyakit tersebut masih bisa ditanggulangi.

“Tapi kami tetap mengimbau kepada semua Calhaj untuk sering-sering minum di Tanah Suci nantinya. Sebab cuaca di sana cenderung panas, jadi harus dijaga supaya tidak terjadi dehidrasi,” katanya.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Haji Kemenag Wonogiri, Ali Yatiman menuturkan, setiap Calhaj wajib menjalani pemeriksaan kesehatan di Puskesmas masing-masing. Kemudian khusus Calhaj berusia di atas 60 tahun harus dirujuk untuk menjalani pemeriksaan kedua di rumah sakit. Di antaranya resiko diabetes mellitus, hipertensi dan resiko lainnya nantinya akan ditangani dokter spesialis.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge