0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UMKM Berperan Penting di Negara Maju

dok.timlo.net/tyo eka
Ketua STIE AUB Surakarta, Anwar Hamdani (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian nasional di beberapa negara maju dan berkembang.

Ketua STIE AUB Surakarta, Anwar Hamdani mengatakan, salah satu kontribusi terbesar UMKM di negara-negara industri baru adalah peningkatan ekspor dan sebagai sub kontraktor yang menyediakan berbagai input bagi usaha berskala besar sekaligus sebagai sumber inovasi.

“Sementara itu di negara-negara sedang berkembang, UMKM sering dikaitkan upaya pemerintah dalam mengatasi berbagai masalah ekonomi dan sosial,” jelas Anwar terkait akan diselenggarakannya Seminar Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Tantangan Bagi UMKM, di Kampus STIE AUB Surakarta, Kamis (27/8).

Namun demikian, kata Anwar, banyak pihak merasa cemas dan khawatir akan kemampuan UMKM dalam kancah perdagangan Masyarakat Ekonomi ASEAN. UMKM sebagai wirausaha tentu saja akan berusaha merubah kekawatiran tersebut menjadi peluang baru untuk mengembangkan usaha.

“Salah satunya dengan mengembangkan kerjasama kemitraan antar pelaku di berbagai lini maupun stakeholders yang ada,” jelasnya.

Seminar yang akan diselenggarakan 29 Agustus 2015 di Kampus STIE AUB Surakarta tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapan UMKM dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge