0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menolak Divaksin, Calhaj Karanganyar Terancam Batal Berangkat

dok.timlo.net/nanang rahadian
Manasik haji Calhaj Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Seorang calon jamaah haji (Calhaj) asal Karanganyar terancam batal berangkat haji karena menolak divaksin meningitis. Padahal pemerintah Arab Saudi mewajibkan setiap pendatang termasuk jamaah haji untuk divaksin meningitis.

“Alasan mereka sudah mendapatkan vaksin saat umrah beberapa bulan lalu dan kepercayaan,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Karanganyar, Museri kepada wartawan, Rabu (26/8).

Museri menambahkan, sebelumnya ada 2 calon jamaah haji (Calhaj) yang menolak divaksin. Namun informasi terakhir yang diterimanya, salah seorang Calhaj sudah mau melakukan vaksin tersebut. Total Calhaj yang berangkat 391 orang dan sudah mendapatkan vaksin meningitis beberapa waktu lalu. Tetapi, satu Calhaj tetap menolak divaksin.

“Jamaah ini mengaku sudah mendapat vaksin saat umroh beberapa waktu lalu, tapi tidak dapat menunjukkan buktinya,” kata Museri.

Padahal, lanjut Museri, salah satu syarat Calhaj dapat menunaikan ibadah haji adalah sudah mendapatkan vaksin meningitis. Hal itu dibuktikan dengan surat pernyataan dari DKK Kabupaten. Namun, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) DKK Karanganyar, Fatkhul Munir, mengungkapkan tidak dapat mengeluarkan surat pernyataan untuk Calhaj itu.

“Satu calon jamaah haji dari Karangpandan sudah membuat surat pernyataan tidak mau melakukan vaksin meningitis. Itu soal kepercayaan,” tutur Fatkhul saat dihubungi wartawan, Senin.

Fatkhul mengungkapkan pihaknya tetap akan berupaya membujuk Calhaj itu melakukan suntik vaksin meningitis. Dia memberi batas waktu hingga akhir Agustus.

“Kalau tetap nggak mau ya nggak bisa berangkat. Tetapi, tergantung dari Asrama Haji Donohudan. Kami sudah berusaha memberikan konseling,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge