0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Calhaj Karanganyar Belajar Naik Pesawat

dok.timlo.net/nanang rahadian
Calhaj Karanganyar melakukan praktik naik pesawat di Taman Dirgantara Edupark (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Praktik manasik haji jamaah calon haji (Calhaj) asal Karanganyar dilakukan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat di sejumlah tempat. Selain di Masjid Agung Karanganyar yang disulap ada ka’bahnya, para Calhaj juga melakukan praktik naik pesawat di Taman Dirgantara  Edupark, Rabu (26/8).

“Kita upayakan semua tahapan kita pelajari dan praktikkan dulu. Termasuk tahapan naik pesawat dan menggunakan sabuk pengaman,” jelas Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHI)  Kemenag Karanganyar Museri kepada wartawan, Rabu (26/8).

Menurut Museri, sebagian besar calon haji yang sudah berusia lanjut sehingga harus semua tahapan dilakukan agar saat melakukan yang sebenarnya tidak melakukan kesalahan. Tahapan naik pesawat juga harus dilakukan karena banyak jamaah calon haji yang baru pertama kali naik pesawat.

“Kebetulan kita punya edupark yang ada pesawatnya, sekalian saja kita latihannya,” jelas Museri.

Sejumlah jamaah berusia lanjut kelelahan karena cuaca yang panas dan harus berjalan ratusan meter. Bahkan beberapa diantaranya tidak kuat dan berhenti untuk beristirahat.

Namun para pembimbing terus meminta Calhaj mengikuti seluruh rangkaian praktek manasik secara penuh. Sebab kondisi sebenarnya di Tanah Suci justru lebih berat karena akan bersamaan dengan ratusan ribu jamaah lainnya.

“Ayo lebih semangat lagi, nanti di Tanah Suci lebih berat. Jadi tolong semua diikuti agar hafal betul rangkaian ritualnya. Biar nanti tidak malah bingung saat di Tanah Suci,’’ kata Museri.

Dalam praktek manasik tersebut, Calhaj melakukan tawaf di depan Masjid Agung Karanganyar dengan dibuatkan miniatur Ka’bah. Adapun sai dilakukan di jalan depan masjid. Panjang lintasan sai membikin capek karena justru jauh lebih dibanding aslinya.

Meski demikian, akhirnya seluruh rangkaian manasik diikuti dengan sempurna. Mereka menyadari ibadah haji akan sangat melelahkan karena seluruhnya ibadah fisik. Apalagi nanti bersama jutaan jamaah, dan juga hotel yang diprediksi jauh dari kabah.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge