0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rupiah Lemah, BI Siapkan Jurus Baru

timlo.net/setyo pujis

Deputi Gubernur BI, Perry Warjiyo

Solo – Bank Indonesia siapkan strategi khusus untuk menyikapi pelemahan rupiah terhadap dolar. Kendati demikian menguatnya dolar ini belum bisa diprediksi sampai kapan. Pasalnya  harus melihat perkembangan perekonomian secara global.

“Menguatnya nilai tukar dolar ini kan lebih banyak dipengaruhi masalah eksternal. Salah satunya akibat dari naiknya suku bunga The Fed dan devaluasi mata uang yuen. Sehingga banyak investor yang menarik dananya dari negara berkembang salah satunya Indonesia,” ujar Deputi Gubernur BI, Perry Warjiyo kepada wartawan usai mengajar di SMA N 3 Surakarta, Rabu (26/8).

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut pihaknya mengaku sudah melakukan beberapa strategi untuk menstabilkan nilai tukar rupiah. Diantaranya adalah melakukan intervensi pasar valas, melakukan pembelian saham dan juga memperketat pembelian dolar.

“Bentuk intervensi yang kita lakukan adalah dengan cara menarik valas dari sejumlah bank yang selama ini disimpan di luar negeri. Selanjutnya adalah memperketat pembelian valas, jika sebelumnya membeli 100 Ribu Dolar diperlukan underlying transaction (jaminan dasar) untuk saat ini 25 Ribu Dolar diperlukan syarat tersebut,” tandasnya.

Kendati demikian, dirinya belum berani memprediksi kapan kondisi menguatnya dolar ini akan terus berlangsung. Menurutnya masih harus melihat perkembangan perekonomian global yang terjadi, khusunya perubahan suku bunga The Fed pada pertengahan September nanti.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge