0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemilu Online, Ciptakan Inovasi Bukan Berarti Melanggar Tradisi

timlo.net/aditya wijaya

Screencapture website pemilihan ketua OSIS SMAN 1 Klaten

Klaten – Kemajuan tekhnologi harus dimanfaatkan untuk berinovasi. Hal itulah yang dilakukan siswa-siswi SMAN 1 Klaten untuk menerapkan pesta demokrasi pemilihan Ketua OSIS 2015, Kamis (27/8) besok, secara online.

“Persiapan menggelar pemilihan Mitra Tama dan Mitra Muda 2015 hanya satu setengah bulan. Karena waktunya dirasa singkat, lantas kami menggandeng Secure (Smansa Educational, Computing and Research) atau kelompok ektrakulikuler komputer sebagai tim TI (Tekhnologi Informasi) untuk membuat Pemilu online,” ungkap Ketua Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) SMAN I Klaten, Rizal Hamidi, Rabu (26/8).

Setelah MPK dan Secure berdiskusi, presentasi dan simulasi, para pengajar memberikan lampu hijau. Sebuah website pemilu.sman1-klt.sch.id pun diluncurkan.

Disisi lain, Koordinator Secure SMAN 1 Klaten, Dimas Sanjaya menerangkan, sistem pemilu online tersebut bukan aplikasi. Pasalnya, tidak semua murid memiliki ponsel berbasis android. Namun demikian sifatnya portable, bisa diakses melalui ponsel, laptop, dan perangkat lainnya yang terakses dengan internet.

“Biayanya nol rupiah, karena kita menginduk pada website sekolah (sman1-klt.sch.id). Selain itu, kita juga menyiapkan fasilitas ceck point di halaman sekolah untuk memfasilitasi siswa yang tidak memiliki perangkat elektronik. Jika disabotase hacker, kami juga sudah mengantisipasinya,” terangnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge