0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tinggal Klik, SMAN 1 Klaten Gelar Pemilihan OSIS Online

timlo.net/aditya wijaya

Screencapture website pemilihan ketua OSIS SMAN 1 Klaten

Klaten — SMAN 1 Klaten bakal menggelar pemilihan ketua OSIS 2015 atau Mitra Tama dan Mitra Muda, Kamis (26/8) besok. Uniknya, hajatan pesta demokrasi ala sekolah berlokasi di Jalan Merbabu No 13 Gayamprit, Klaten Selatan ini dilakukan secara online.

“Pemilu OSIS online ini baru dilaksanakan pertama kali. Kalau tahun-tahun sebelumnya masih konvensional seperti pemilu pada umumnya,” kata Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan SMAN 1 Klaten, Aris Sutaka, Rabu (26/8).

Dengan mengakses website pemilu.sman1-klt.sch.id, sistem pemilu online itu lahir dari karya anak didiknya yang tergabung dalam Secure (Smansa Educational, Computing and Research) atau kelompok ektrakulikuler komputer. Mereka bekerjasama dengan MPK (Majelis Perwakilan Kelas) untuk menggelarnya.

Hal itu membuat para guru mengapresiasi inovasi tersebut. Selain menerapkan tekhnologi dalam belajar berdemokrasi, pemilu online juga menghemat biaya. Diantaranya, tidak perlu menyediakan lembar surat suara pencoblosan, tempat pemungutan suara, hingga menghemat waktu dan meminimalisir kecurangan.

“MPK itu semacam DPR/MPR, sedangkan Secure itu KPU-nya siswa. Mereka (MPK) terdiri dari dua siswa perwakilan masing-masing kelas. Tugasnya besok saat pemilihan memandu 998 siswa SMAN 1 Klaten sebagai voter. Login di website, memasukan user name sesuai nama, nomer induk siswa, asal kelas, dan password, kemudian tinggal klik sesuai pilihan hatinya,” tambah Aris.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge