0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sisa Pembakaran Sampah dan Semak Pemicu Kebakaran Hutan

timlo.net/tarmuji

Warga Desa Sejati berusaha memadamkan api dengan alat seadanya

Wonogiri — Bencana kebakaran yang kerap terjadi saat musim kemarau di hutan rakyat maupun hutan milik negara. Salah satu pemicu adalah dari api pembakaran sampah dan semak-semak. Untuk itu, masyarakat di imbau untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Di hutan milik kami yang terbakar baru sebagian kecil, hanya sekira satu hektar, yakni di wilayah hutan Wonokarto, setelah Lebaran lalu,” ujar Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wonogiri, Roby Rayendri, Rabu (26/8).

Untuk mengantisipasi kebakaran, pihaknya mengadakan sosialisasi kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) agar meningkatkan kewaspadaan. Selain itu menggelar pelatihan pemadam kebakaran.

“Pelatihan pemadaman kebakaran hutan kerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jateng maupun Kabupaten Wonogiri,” jelasnya.

Dikatakan, dalam pelatihan itu, warga dibekali teknik memadamkan api dengan menggepyok maupun dengan membuat ilaran untuk menghentikan rembetan api. Pihaknya berharap, kedepan tidak ada kebakaran hutan lagi.

Asper BKPH Lawu Selatan, Budi Rusmanto menambahkan, sampai saat ini di wilayahnya belum ada peristiwa kebakaran.

” Mudah-mudahan tidak ada. Untuk mengantisipasi, kami tingkatkan patroli di hutan maupun di masyarakat. Kami juga sosialisasikan ke masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge