0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rusia Maklum RI Tindak Tegas Illegal Fishing

dok.merdeka.com

Susi Pudjiastuti

Timlo.net – Deputi Perdana Menteri Federasi Rusia, Arkady Dvorkovich, mengapresiasi kesediaan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti bertandang ke negaranya. Dia menilai kerja sama sektor maritim adalah salah satu prioritas hubungan bilateral Indonesia-Rusia. Susi melawat ke negara itu pada 21-23 Agustus kemarin.

Arkady sendiri menghormati posisi pemerintahan Indonesia yang kini bersikap keras pada kapal pelaku pencurian ikan atau illegal fishing.

“Masuknya kapal asing yang melanggar batas kemaritiman wilayah sebuah negara dan mencuri kekayaan negara seperti illegal fishing adalah sebuah bentuk kriminalitas yang cukup serius dn wajib diberantas,” ujarnya, Rabu (26/8).

Lawatan ini sifatnya kampanye agar perusahaan perikanan Negeri Beruang Merah lebih berhati-hati mengurus izin usaha di perairan Indonesia. Kendati begitu, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin, mengatakan memang ada penjajakan kerja sama bidang maritim antar sektor swasta dalam lawatan itu.

Salah satu isu yang sempat dijajaki adalah penjualan teknologi radar laut buatan Rusia kepada Indonesia. Alat canggih ini berfungsi sebagai detektor kapal berukuran kecil yang hendak melakukan pencurian ikan.

“Namun tidak ada tanda tangan apapun seputar perjanjian kerjasama dalam tema kampanyenya tersebut,” kata Galuzin.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge