0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waduk Bade Menyusut, Warga Panen Ikan

dok.timlo.net/nanin
Air Waduk Bale mulai menyusut (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Menyusutnya air di Waduk Bade, Klego, Boyolali, justru mendatangkan berkah bagi warga yang biasa mencari ikan. Air yang menyusut,memudahkan untuk mencari ikan.

Salah satu pencari ikan, Wahyudi (45), warga Blumbang, Klego, mengaku perolehan ikannya lebih banyak dibandingkan saat musim penghujan. Dengan kondisi waduk yang dangkal, membuat dirinya lebih mudah menangkap ikan dengan menggunakan jaring. Cara yang dilakukanyapun cukup sederhana, jaring ditebar melingkar di perairan, setelah itu digerak-gerakan. Ikan yang berusaha kabur akan langsung terjerat jaring.

“Sekali menjaring bisa mendapatkan ikan 4-5 Kg, kalau beruntung dijual bisa laku Rp 40 ribu,” ujarnya, Rabu (26/8).

Sebagian besar ikan yang didapat seperti mujahir, bandeng dan nila merah. Ikan hasil tangkapan kemudian dibersihkan dan dijual ke warga dengan cara ditusuk batang bambu.

“Biasanya saya jual keliling,” imbuhnya.

Senada, Paino (60), pencari ikan lainnya menambahkan, dengan menyusutnya air waduk maka ikan lebih mudah ditangkap. Hal itu disebabkan kawasan perairan semakin menyempit. Hanya saja, pencari ikan harus berhati- hati saat masuk ke dalam air.

“Pasalnya, dasar waduk adalah endapan lumpur. Jadi harus berhati- hati agar tidak terperosok,” ujarnya.

Selain dirinya, imbuh Paino, masih ada sejumlah pencari ikan lain. Hanya saja, sebagian besar mencari ikan dengan menggunakan rakit bambu. Ditengah waduk, jaring kemudian ditebar. Pengambilan jaring dilakukan setiap 20 – 30 menit.

Petugas Operasional Waduk Bade, Sutardi, mengakui Waduk Bade selama ini menjadi jujugan pencari ikan. Hanya saja, penangkapan ikan hanya boleh dilakukan dengan cara memancing dan menggunakan jaring. Hal ini dilakukan untuk menjaga populasi ikan.

“Warga juga tidak boleh membuat karamba, dikhawatirkan akan menambah sendimentasi,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge