0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Visa Belum Turun, Ratusan Calhaj Tertahan di Embarkasi Solo

dok.timlo.net/achmad khalik
Calon jamaah haji di Asrama Haji Donohudan (dok.timlo.net/achmad khalik)

Boyolali — Ratusan calon jamaah haji (Calhaj) Embarkasi Solo dipastikan belum dapat diberangkatkan ke Tanah Suci lantaran terkendala visa atau surat perjalanan keluar negeri belum turun. Hingga saat ini, mereka masih berada di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

“Karena visa belum turun, keberangkatan mereka (Calhaj) tertahan. Saat ini, mereka masih di sini (Asrama Haji Donohudan —Red),” terang Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi saat dihubungi, Rabu (26/8) siang.

Disinggung apakah masih terdapat calon jamaah haji dari Kloter 1 yang belum diberangkatkan, Gentur mengaku masih terdapat tujuh orang. Mereka berasal dari Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Meski begitu, pihaknya tak dapat berbuat banyak, pasalnya hal tersebut merupakan kewenangan dari Kemenag Pusat.

“Kami cuma bisa menunggu,” kata Gentur.

Sementara, salah seorang calon haji, Suwarjono Sumbono (54) mengaku hanya bisa pasrah. Padahal, dirinya telah melengkapi persyaratan yang diminta. Termasuk hasil tes kesehatan, yang menjadi syarat keberangkatannya ke tanah suci. Namun apa boleh buat belum terbitnya visa haji  membuat dia dan istrinya hingga kini masih tertahan di Embarkasi Solo.

“Kami hanya bisa berdoa, semoga prosesnya lancar dan tidak ada kendala yang menyulitkan,” terang calon haji, asal Kabupaten Banyumas.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge