0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Polisi Bantu Padamkan Hutan Gunung Lawu

Sejumlah polisi siap membantu pemadaman kebakaran di hutan Gunung Lawu (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Untuk membantu sejumlah relawan memadamkan kebakaran di hutan lindung Gunung Lawu, Polres Karanganyar mengirimkan 20 personel dengan peralatan lengkap. Seluruh personel yang dikirim memiliki kualifikasi Search dan Rescue (SAR).

“Peralatan yang dibawa mulai dari pemadam api ringan, gergaji mesin, maupun alat-alat pendukung lain,” kata Kasubag Humas Polres Karanganyar AKP Suryo Wibowo mewakili Kapolres Karanganyar AKBP Mahedi Surindra, Rabu (26/8).

Sementara itu, Margo Saptono, salah seorang polisi hutan menginformasikan bahwa sejumlah relawan dari Kodim dan Koramil juga melakukan pendakian untuk memadamkan api. Selain itu sejumlah relawan dari berbagai komunitas telah lebih dahulu naik untuk membantu pemadaman.

“Relawan dari berbagai elemen dan komunitas terus berdatangan dan melakukan pemadaman,” kata Margo.

Seperti diketahui, kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu meluas. Awalnya, kebakaran terjadi di dua petak yakni 63 G di wilayah Ngargoyoso dan 63 F di wilayah Jenawi. Namun api kemudian merembet ke petak 63 H dan mengarah ke petak 63 U. Belum bisa diperkirakan, berapa luas hutan yang terbakar. Sejumlah relawan masih berupaya memadamkan api di lokasi peristiwa, agar kebakaran tidak meluas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Nugroho mengatakan, kegiatan pemadaman, menurutnya, terus dilakukan. Relawan dari berbagai elemen terjun ke lokasi, untuk memadamkan api dengan cara manual. Yakni menepuk-nepuk titik api dengan ranting pohon, serta berupaya melokalisir api dengan membuat parit.

“Relawan diberangkatkan lewat jalur utara, karena apinya mengarah ke wilayah Jenawi di sisi barat laut Gunung Lawu,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge