0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rudy Kunjungi Waljinah

timlo.net/heru murdani

FX Hadi Rudyatmo mendatangi rumah Waljinah

Solo – Mantan Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengunjungi kediaman musisi legendaris Keroncong, Hj Waljinah di kawasan Mangkuyudan, Selasa (25/8). Dia datang atas permintaan dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri.

“Kami datang untuk menjenguk kesehatan Ibu Wal, selain itu juga atas permintaan Mbak Mega untuk mengunjungi salah satu musisi legendaris ini,” ungkap Rudy kepada Wartawan.

Rudy mengatakan, Megawati Sukarnoputri memiliki perhatian khusus kepada seniman dan seniwati yang terus mempertahankan budaya tradisi. Dia mencontohkan musisi keroncong seperti Waljinah ini adalah salah satu bentuk pertahanan kebudayaan, dari gempuran budaya asing. Hal ini sesuai dengan pesan Bung Karno untuk berkepribadian dalam berbudaya.

“Dan Bu Wal ini memiliki komitmen kuat dalam pertahanan budaya, karenanya harus kita apresiasi,” Katanya.

Dalam kesempatan yang sama, penyanyi berjuluk Walang Kekek ini menuturkan, dirinya sudah sangat berkurang dalam aktivitasnya sebagai penyanyi. Padahal, semangatnya dalam membangun keroncong masih sangat tinggi, terutama jika melihat musisi keroncong muda.

“Kaki saya ini kalau buat berdiri saja sakit, kalau diminta menyanyi ya sebenarnya masih mau, tetapi sudah sangat berkurang (performanya),” kata wanita yang kini berusia 70 tahun ini.

Dalam kesempatan itu Waljinah juga menunjukkan piala Festival Bintang Radio dan Televisi tahun 1965 yang diberikan oleh Bung Karno.

“Saat itu Bung Karno sendiri yang menyerahkan piala. Saya sangat terkesan sekali. Karenanya saya akan terus bermusik keroncong sampai saya tidak bisa bernyanyi lagi,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge