0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diperiksa Selama Tujuh Jam, Gubernur Gatot Ngaku Sakit

merdeka.com

Gatot dan istrinya diperiksa

Timlo.net — Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait dugaan korupi dana bantuan sosial dan hibah Pemerintah Provinsi Sumut oleh tim Satuan Tugas Khusus Kejaksaan Agung di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (28/8). Saat menjalani pemeriksaan, ia mendatangi komisi antirasuah seorang diri tanpa didampingi kuasa hukumnya.

Kepala Sub Direktorat Penyidikan Tindak Pidana Khusus Sarjono Turin mengatakan, Gatot menjalani pemeriksaan selama tujuh jam. Namun, menurut dia, politikus PKS itu mengeluhkan sakit saat penyidik memintanya menjawab pertanyaan ke-11 tentang sumber dana bansos tersebut.

“Saat minta keterangan Gatot sampai pertanyaan ke-11 tentang asal dana dan peraturan yang mengatur dana itu berasal dari peraturan daerah (Perda) yang jumlahnya berapa dan siapa yang berhak. Kemudian dia langsung beralasan sakit meminta pemeriksaan dihentikan,” kata Sarjono di Jakarta, Selasa (25/8).

Selain itu, kata Turin, penyidik juga menanyakan tentang temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) bahwa ada sejumlah uang Rp 98 Milyar dari Bansos yang tidak bisa dipertanggungjawabkan masa pemerintahan Gatot.

“Terkait temuan BPK dia tahu, membacanya serta meneruskannya ke Sekretaris Daerah (Sekda) untuk diteliti dan diteruskan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Tapi penyidik juga mengejarnya karena dia belum menerima dana tersebut tetapi sudah berkonsultasi dengan OC Kaligis,” kata dia.

Atas kondisi Gatot yang sedang sakit, penyidik akan menjadwal ulang pemeriksaanya setelah mendapatkan informasi kesehatannya dari dokter KPK.

“Untuk menentukan jadwal selanjutnya setelah pemerinsaan dokter KPK. Kalau dipandang mampu secara medis kita akan lanjutkan pemeriksaannya. Yang jelas dengan kedatanganya kesini sebagai bentuk kopertif karena selama ini ditenggarai dia suka menolak diperiksa,” tandasnya.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge