0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Sanksi Kampanye di Luar Jadwal

timlo.net/putra kurniawan

Anggota panwaslu Sukoharjo Muladi Wibowo

Sukoharjo — Sesuai kesepakatan antar kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dengan KPU selaku penyelenggara pemilu, kampanye satu hari satu paslon. Bagi paslon yang melanggar jadwal kampanye terancam sanksi pembatalan pencalonan.

“Misalnya kegiatan sosial kemasyarakatan dimanfaatkan untuk membagi stiker gambar salah satu calon yang bukan jadwalnya kampanye, sanksinya pembatalan pencalonan,” kata anggota Panwaslu Kabupaten Sukoharjo, Muladi Wibowo, Selasa (25/8).

Dengan kata lain, paslon tidak boleh melakukan kegiatan apapun yang bersifat kampanye maupun promosi calon di luar jadwal yang telah ditentukan. Pasangan calon harus bisa membuktikan kegiatan yang mereka lakukan di luar jadwal kampanye tidak bernuansa kampanye.

Panwaslu dalam hal ini akan mengkaji setiap laporan ataupun temuan petugas di lapangan sebelum dibawa ke Gakumdu. Di Gakumdu nantinya yang menentukan masuk kategori pelanggaran dan harus diproses hukum lebih lanjut atau tidak.

“Ada masa kadaluwarsa satu minggu setelah kejadian ataupun setelah dilaporkan, memang perlu kajian yang dalam karena dampaknya bisa sampai ke pembatalan pencalonan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge