0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2.030 Mahasiswa Baru UNS Program Diploma Dilantik

Rektor UNS Ravik Karsidi lantik mahasiswa baru (dok.timlo.net/edy j sutopo)
Solo — Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Ravik Karsidi, Selasa (25/8) melantik 2.030 mahasiswa baru program Dipoloma tahun 2015/2016. Dalam sambutan penyambutan, Rektor Ravik Karsidi mengatakan, ketatnya persaingan menjadi mahasiswa yang memilih UNS membuktikan universitas ini diperhitungkan banyak pihak, termasuk calon mahasiswa dari luar Kota Solo.
Secara keseluruhan, ujar Ravik, jumlah calon mahasiswa di 24 program studi diploma yang mendaftar 27.681 orang, namun yang diterima tidak semuanya. “UNS hanya menerima 2.030 mahasiswa setelah melalui berbagai persyaratan dan tes tertulis. Salah satunya kalian yang saat ini duduk di sini,” ujar Ravik di hadapan mahasiswa.
Lebih lanjut Ravik menyatakan, calon mahasiswa yang diterima di UNS bukan hanya warga masyarakat dari Solo dan sekitarnya, tetapi juga datang dari DI Aceh dan Papua. Universitas Sebelas Maret, bukan hanya milik orang Solo, tetapi juga milik seluruh rakyat Indonesia.
“Banyak prestasi mahasiswa UNS telah terukir di tingkat nasional dan internasional, dan bahkan saat ini 96 orang mahasiswa asing dari berbagai negara ingin menimba ilmu di universitas ini,” katanya.
Oleh sebab itu, papar Ravik mengimbau, prestasi yang membanggakan itu harus juga ditiru mahasiswa baru program diploma. “Tunjukkan prestasi kalian menjadi mahasiswa baru yang mumpuni dan diperhitungkan dunia,” tandas dia.
Melalui sistem pendidikan yang sistematis yang didukung 1600 dosen dengan gelar profesor, doktor dan master memungkinkan mahasiswa baru mencapai berprestasi puncak. Saudara yang dilantik saat ini, katanya, adalah mahasiswa jalur vokasional.
“Selain mendorong berprestasi juga menyiapkan jalur menuju dunia kerja. Sebab jalur pendidikan vokasi merupakan derivasi tuntutan untuk pemenuhan kebutuhan dunia kerja yang disiapkan terampil di UNS,” ujar Ravik.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge