0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bayi Berusia 2 Tahun Lahir Dengan 3 Alat Kelamin

dok.merdeka.com
ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net—Seorang bayi laki-laki di India lahir dengan tiga alat kelamin dan menjalani operasi percobaan untuk mengatasi keabnormalan langka ini. Anak berusia dua tahun itu menderita diphallia, sebuah kondisi di mana seorang pria lahir dengan dua alat kelamin, kata para dokter.

Anak pria itu, yang tidak disebutkan namanya, juga memiliki alat kelamin yang tidak tumbuh dengan baik, digambarkan seperti benjolan tulang yang lunak. Dia hanya mampu menggunakan satu alat kelamin untuk buang air kecil. Selain itu, para dokter juga menemukan jika bocah itu tidak memiliki lubang pantat. Untuk mengatasi hal ini, para dokter melakukan prosedur yang disebut kolostomi. Dalam prosedur medis itu, mereka membuat bukaan di perut sehingga kotoran bisa keluar lewat sebuah tabung.

Bulan lalu, ibu sang anak membawanya ke Mumbai, India untuk menjalani operasi yang memakan waktu enam jam untuk memotong dua alat kelamin lainnya. Operasi rumit itu dilakukan di Rumah Sakit Sion di Mumbai. Hanya dua alat kelamin yang memiliki jaringan ereksi.

“Ada sebuah benjolan tulang yang lunak dan besar dan jaringan di mana dua alat kelamin lain terhubung,” tambah Dr. Vishesh Dixit, seorang ahli bedah anak di Rumah Sakit Sion.

Para dokter mencabut benjolan tulang itu dan menggabungkan dua alat kelamin menjadi satu. “Dua alat kelamin yang berfungsi digabungkan menjadi satu dengan memasangkan kulit di sekitarnya,” terang Dr. Dixit.

Lalu, para dokter juga membuatkan lubang pantat untuk anak itu supaya dia bisa buang air besar secara normal. Pada akhir Agustus nanti, setelah lubang baru yang diciptakan telah sembuh, anak itu akan menjalani operasi kedua untuk menutup lubang di perutnya.

Para dokter berkata anak itu kelak bisa berhubungan intim dengan normal dan kesuburannya tidak akan terpengaruh saat dia dewasa. “Kami ingin anak kami memiliki kehidupan yang normal, dan sangat bersyukur para dokter berhasil melakukan operasi itu,” kata paman anak itu kepada para wartawan dilansir oleh Daily Mail.

Diphallia adalah sebuah kondisi yang sangat langka, hanya terjadi pada satu bayi setiap lima hingga enam juta kelahiran, menurut Iranian Journal of Paediatrics.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge