0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hutan Lindung Gunung Lawu kembali Terbakar

Puluhan relawan diterjunkan untuk memadamkan api yang membakar hutan Gunung Lawu (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Kebakaran hutan yang melanda kawasan hutan lindung Gunung Lawu terus meluas. Titil api yang sebelumnya berada di wilayah Jawa Timur sejak Selasa (25/8) dini hari mulai memasuki wilayah Karanganyar. Puluhan relawan di siagakan untuk melokalisir api agar tidak terus meluas.

“Kemarau dan angin kencang semakin mempercepat api meluas,” kata Margo Saptono, salah seorang polisi hutan, Selasa (25/8).

Margo Saptono mengatakan, api sudah memasuki Pos 3 jalur pendakian lewat Tahura (Taman Hutan Rakyat) Mangkunegaran, di kawasan Ngargoyoso hingga 3 kilometer. Titik api terlihat di petak 63F Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Nglerak di desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso.

“Titik api terus bergerak dan terus memanjang sekitar 3 kilometer,” kata Margo Saptono.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Nugroho mengatakan puluhan relawan dari berbagai elemen telah diberangkatkan dari beberapa jalur pendakian untuk melakukan pemadaman.

“Kita telah berangkatkan relawan dari jalur pendakian seperti Cemoro Kandang, Candi Cetho, Tambak maupun jalur Tahura,” kata Nugroho.

Seperti kebakaran di Tlogodlingo, lanjut Nugroho, pemadaman dilakukan dengan cara manual. Relawan membuat lubang untuk melokalisir api maupun dengan cara ‘gepyok’ dengan dahan basah ke arah titik api.

“Kalau menggunakan air kita kesulitan karena luas yang terbakar maupun distribusi air ke titik api karena tingginya lokasi yang terbakar,” jelas Nugroho.

Untuk menghindari hal-hal yang membahayakan, seluruh jalur pendakian ditutup. Seperti diketahui, kebakaran Hutan Gunung Lawu melanda kawasan Ngawi sejak Minggu (23/8). Meski sempat padam, namun tiupan angin kencang dan banyaknya daun dan dahan kering menyebabkan api kembali menyala dan terus bergerak ke arah wilayah Jawa Tengah

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge