0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Solo: Anung Nomor 1, Rudy Nomor 2

dok.timlo.net/daryono
Pengundian nomor urut Paslon peserta Pilkada Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Dua pasangan calon walikota (Cawali) dan calon wakil walikota (Cawawali) pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo mengikuti pengundian nomor urut dan ikrar kampanye damai, Selasa (25/8).  Pasangan Anung Indro Susanto – M Fajri memperoleh nomor urut 1, sementara pasangan FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo mendapatkan nomor urut 2.

Pengundian nomor urut dilakukan melalui Rapat Pleno Terbuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo. Selain paslon, Rapat Pleno dihadiri Penjabat Walikota Solo Budi Suharto, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo dan Muspida Solo.

Mekanisme pengundian nomor dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, masing-masing cawali dan cawawali mengambil kotak berisi angka. Angka dalam kotak yang sudah diambil oleh cawali dan cawawali kemudian dijumlah. Pasangan yang penjumlahan angkanya lebih kecil mendapat kesempatan pertama

Dalam pengambilan tahap pertama itu, Anung mendapat angka 5 dan Fajri memperoleh angka 3. Sementara Rudy mendapat angka 8 dan Purnomo memperoleh angka 2. Dengan perolehan itu, Anung-Fajri yang total angkanya lebih kecil berhak mengambil angka nomor urut pertama. Begitu dibuka, Anung -Fajri mendapat nomor 1 dan Rudy-Purnomo mendapat nomor 2.

“Nomor 2 itu artinya simbol kemenangan. Dua itu artinya kami tidak rubeto. Dua-duanya ingin mengabdi,” kata Rudy saat ditemui usai acara.

Sementara, Anung juga menyambut baik nomor 1 sebagai nomor urutnya. Nomor satu memiliki arti simbol kemenangan.

“Nomor satu itu dalam bahasa jawa  setunggal artinya mimpang, bahasa Indonesai satu artinya menang. Bahasa Inggris One artinya the best,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge