0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hindari PHK, Perusahaan Pilih Kurangi Jam Kerja

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Tenaga Kerja, Benny Sutrisno mengakui adanya penurunan permintaan berbagai produk di masyarakat sebagai dampak merosotnya nilai rupiah. Perusahaan juga harus mengurangi produksinya.

Namun demikian, dia menyebut mayoritas pengusaha tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada karyawannya. Pengusaha memilih untuk mengurangi jam operasional kerja.

“PHK itu masih teoritis. Dalam praktiknya para pengusaha tidak mau PHK karena (masa kerja dan pengalaman tenaga kerja) sudah cukup lama. Tapi kebanyakan pengusaha lebih memilih untuk mengurangi jam kerja, misanya dari dua shift menjadi satu shift,” ujar Benny, Selasa (25/8).

Benny menjelaskan, ketika pengusaha melakukan PHK, hal itu justru menambah ongkos perusahaan untuk merekrut kembali pekerja baru. Tak hanya itu, perusahaan juga dibebankan oleh pembayaran pesangon untuk pekerja yang di PHK.

“Kalau potong orang kan juga harus memberikan pesangon. Maka itu pengusaha tidak akan melakukan PHK dan memilih untuk mengurangi shift kerja,” pungkasnya.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge