0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panwas Siap Bredel Mobil Branding Paslon

timlo.net/tarmuji

Ketua KPU Propinsi Jateng Joko Purnomo

Wonogiri — Branding mobil paslon menurut pihak KPU jelas melanggar aturan. Sedang Panitia Pengawasan Pemilu(Panwaslu) Wonogiri ┬ásiap menginvetarisir dan memberikan rekomendasi pembredelan stiker pada mobil-mobil tim sukses.

“Berdasar PKPU nomor 7 pasal 68 ayat 1, 2, 3 tahun 2015 tentang alat peraga kampanye (APK), kemudian untuk branding pada mobil pribadi, angkutan umum yang sengaja dipasangi gambar pasangan paslon bupati dan wakil bupati juga jelas melanggar aturan,” jelas Ketua KPU Propinsi, Joko Purnomo, Senin(23/8).

Namun demikian, pemberlakuan itu diberlakukan sejak paslon ditetapkan sebagai cabup dan cawabup. Menurut Joko Purnomo, untuk kampanye atau di media massa pasangan calon hanya bisa berkontribusi terhadap desain serta isi. Namun, untuk pemasangan akan tetap difasilitasi oleh KPU.

“Karena sebagaimana semangat undang -undang, hal itu dilakukan demi efesiensi biaya Pilkada dan menjaga estetika di masing Kabupaten, ” terangnya.

Dia juga mengatakan, untuk jumlah alat peraga kampanye APK di tiap Kabupaten/ Kota dilakukan pembatasan. Diantaranya baliho maksimal hanya lima buah ditiap Kabupaten/Kota. Sedangkan khusus umbul umbul ditiap kecamatan maksimal 20 buah , demikian juga spanduk hanya sebanyak dua buah.

Joko Purnomo menegaskan, ntiap pasangan calon peserta pilkada juga tidak diperbolehkan memasang iklan di media massa, baik cetak dan elektronik secara mandiri. Terkecuali iklan kampanye yang difasilitasi oleh KPU.

“Jika nekat membranding atau sejenisnya, sanksinya hanya dibredel, tapi kalau paslon nekat beriklan di media masa, bisa menggugurkan sebagai paslon,” tegasnya.

Anggota Panwaslu Wonogiri, Sriyono, siap memberikan rekomendasi pembredelan branding pada mobil tim sukses maupun mobil angkutan umum.

“Jika sampai masa kampanye belum dilepas, kita akan lakukan upaya paksa melalui petugas kepolisian dan Dishubkominfo,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge