0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Usai Cetak Gol, Striker Ini Jadi Kiper lalu Gagalkan Penalti

timlo.net/aryo yusri atmaja

Ibrahim Ibnu Anas (merah), sesaat sebelum menjadi kiper dadakan dalam laga Persibangga melawan PSIR Rembang

Solo — Sebuah peristiwa unik terjadi dalam pertandingan sepak bola Piala Kemerdekaan di Stadion Manahan, Senin (24/8) sore. Laga pamungkas penyisihan grup C antara Persibangga Purbalingga kontra PSIR Rembang diwarnai kejadian menarik.

Yakni Ibrahim Ibnu Anas yang menjadi pahlawan bagi Persibangga. Pemain yang berposisi striker ini menjelma seorang kiper yang tangguh. Awalnya Ibnu berhasil mencetak gol pembuka timnya pada menit 13.

Namun Persibangga harus ditinggalkan kiper utama, Suchaimin yang mengalami cedera saat skor 1-1. Lagi-lagi nasib sial menghampiri Persibangga, kiper penggantinya, Muaziz diusir wasit dari lapangan karena melanggar pemain PSIR di kotak terlarang sebagi pemain terakhir di pertahanan Persibangga.

Dari sini-lah Ibnu Anas menjadi pusat perhatian seisi Stadion. Dirinya ditunjuk menjadi penjaga gawang, begitu Muaziz diusir wasit. Hasilnya, Ibnu langsung berhadapan dengan tendangan penalti PSIR di penghujung babak pertama.

Namun yang terjadi, Ibnu Anas berhasil membaca arah bola tendangan Arif Kurniawan yang mengarah ke kanan. Lantas eks pemain Persis Solo di musim 2010 itu membuang jauh-jauh bola, dan aman lah gawangnya dari kebobolan.

Saat pertandingan di babak kedua, Ibnu Anas berulangkali menepis tendangan para pemain PSIR. Ibnu pun harus berjibaku dan seringkali mengalami sakit karena terkena bola keras, mengingat dirinya bukanlah seorang kiper.

Namun pada akhirnya, Ibnu Anas menyerah gawangnya jebol saat memasuki menit 84. Tendangan bebas Sugeng Wahyudi tak bisa diselamatkan Ibnu, dan membuat gawangnya bobol. Skor 2-2 bertahan hingga bubar, dan Ibnu pun disambut rekan-rekannya sebagai pahlawan di tengah tidak adanya penjaga gawang.

“Baru kali ini saya jadi kiper sepanjang karier saya. Tidak ada persiapan sama sekali, dan hanya mengandalkan reflek membaca arah bola saja,” ujar Ibnu Anas usai pertandingan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge