0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Api Hanguskan Dua Hektar Hutan Rakyat

timlo.net/putra kurniawan

Hutan Jati seluas dua hektar di Desa Ngasinan dan Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu hangus terbakar

Sukoharjo — Hutan Jati seluas dua hektar di Desa Ngasinan dan Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu hangus terbakar pada Senin (24/8) siang. Api baru bisa dipadamkan warga sekitar bersama petugas pemadam kebakaran dan anggota TNI setelah satu jam kemudian.

“Setelah dua unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD Sukoharjo diturunkan ke lokasi kejadian, warga bersama petugas bekerjasama memadamkan api. Namun karena angin bertiup cukup kencang dan lokasi cukup sulit dijangkau. Api baru bisa dipadamkan satu jam setelahnya,” kata Kepala BPBD Sukoharjo, Suprapto, Senin (24/8).

Lokasi kebakaran berada di tebing yang cukup tinggi, sehingga mobil pemadam kebakaran tidak bisa menjangkau lokasi. Sehingga masyarakat dan petugas menggunakan cara manual dengan menggali lubang di sekitar lokasi untuk melokalisir kebakaran.

Kebakaran ini disebabkan aktifitas warga sekitar yang membakar sampah dan daun kering di sekitar hutan. Api semakin membesar sekitar pukul 12.00 WIB dikarenakan tiupan angin yang cukup kencang, sehingga kebakaran semakin meluas meskipun warga setempat berupaya memadamkan api.

“Tadi sebelum pemadam datang sempat berusaha dipadamkan warga. Namun karena angin cukup kencang api justru membesar dan kebakaran semakin meluas. Beruntung api hanya membakar semak belukar,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge