0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Krisis Air Bersih, Tawangsari Bangun Menara Air

timlo.net/nanin

Menara air di Desa Tawangsari yang bisa mensuplai 200 kepala keluarga

Boyolali — Mengantisipasi krisis air bersih di Desa Tawangsari, Teras, pemerintah desa membangun menara air di halaman kantor desa setempat. Menara air ini nantinya untuk mensuplai air bersih bagi 200 kepala keluarga yang tersebar di tiap pedukuhan. Sedangkan sumbernya diambilkan dari mata air di desa setempat.

“Selama ini kita sering kesulitan air bersih, keberadaan menara air ini kita harapkan mampu mensuplai air ke warga,” ungkap Kades Tawangsari, Yayuk Tutik Supriyanti, Senin (24/8).

Pembangunan menara air, setelah mendapat anggaran hibah intensifikasi Kabupaten (HIK) Boyolali senilai Rp 80 juta, bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp 80 juta, dan swadaya masyarakat sebesar Rp 40 juta. Pengadaan air minum ini sendiri nantinya berbasis masyarakat atau Pamsimas.

Pihaknya saat ini juga mengajukan bantuan ke Pemprov Jateng dan Pusat, untuk pembangunan sumur dalam. Pasalnya, sumber air yang diharapkan mampu mensuplai menara air ternyata macet. Hal ini disebabkan musim kemarau sehingga debit sumber air mengalami penurunan.

Sementara terkait dengan biaya pemakaian air oleh pelanggan, pihaknya masih merumuskan lebih lanjut. Rencananya, desa akan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk mengelolanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge