0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebakaran Merbabu Diduga Kesalahan Faktor Manusia

istimewa

Luasan hutan Gunung Merbabu yang terbakar mencapai 60 hektar

Boyolali — Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) luasan kawasan hutan Gunung Merbabu yang terbakar seluas 60 hektar. Api membakar vegetasi, rerumputan perdu, pohon pinus dan edelwis di beberapa titik.

“Kawasan hutan yang terbakar berada di Sabana, terluas di wilayah Magelang dan Boyolali,” kata Kepala BTNG Merbabu, Wisnu Wibowo, Senin (24/8).

Dijelaskan, untuk kawasan hutan yang terbakar di wilayah Magelang, meliputi kawasan hutan di atas wilayah Bentrokan, Wonolelo, Sawangan, dan di atas Dukuh Suwanting, Banyuroto, Magelang. Kemudian kawasan hutan di atas Dukuh Tumut, Glintangan, Wates dan Kajor, Desa Jrakah, Selo, Boyolali. Untuk wilayah Magelang, luasan mencapai 40 hektar dan sisanya masuk wilayah Boyolali sebanyak 20 hektar.

“Paling banyak di sisi barat, wilayah Magelang, tapi kita masih melakukan pengukuran total yang terbakar, terutama yang di jurang-jurang masih kita inventarisasi,” tambah Wisnu.

Sementara terkait penyebab kebakaran, pihaknya belum dapat memastikan. Namun, kebakaran di kawasan hutan biasanya di karenakan karena faktor manusia. Apalagi, ada kebiasaan dari masyarakat membakar rerumputan di kawasan hutan, dan banyak pendaki yang merokok serta membuat api unggun.

“Kita himbau penduduk dan pendaki agar berhati-hati dalam penggunaan api,” imbuhnya.

Disisi lain, untuk mencegah kebakaran susulan, jalur pendakian masih ditutup. Selain itu, petugas dibantu masyarakat sekitar gunung terus melakukan patroli untuk memantau kondisi hutan. Api yang membakar kawasan hutan Merbabu berhasil dipadamkan Sabtu kemarin.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge