0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Sragen Serahkan Galian C Tak Berizin ke Polisi

dok.timlo.net/agung widodo
Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen —  Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman menyerahkan sepenuhnya keberadaan pertambangan galian C  yang tak berizin ke aparat penegak hukum (polisi). Selama ini Pemkab hanya berwenang memberikan rekomendasi galian C yang telah melalui proses seleksi ke Provinsi Jawa Tengah.

“Kalau ada yang tidak mengajukan izin ya biar aparat penegak hukum yang menyamperi mereka,” kata Bupati Agus kepada wartawan, Senin (24/8).

Menurut Bupati Agus, selama pengusaha pertambangan mengantongi izin dari provinsi, maka mereka bisa melakukan pertambangan di Kabupaten Sragen sesuai dengan lokasi perizinan. Selama masyarakat punya inisiatif untuk mengajukan izin dan tidak ada pelanggaran norma, pihaknya tidak keberatan untuk memberikan rekomendasi  ke provinsi.

Namun jika masih ada penolakan dari warga, maka pihaknya juga tidak akan memberikan rekomendasi tersebut. “Soal penolakan itu kan ada tim yang mengecek ke lapangan di lokasi-lokasi galian C. Saya kira kalau lingkungan menolak, rekom yang dikeluarkan tim juga tidak akan memberikan ijin kepada mereka,” jelasnya.

Agus mengaku telah menandatangani banyak rekomendasi galian C untuk diajukan ke Provinsi Jawa Tengah. Ini menandakan banyak masyarakat yang sadar dan tahu norma atau peraturan mengenai pertambangan. Namun jika diketahui ada pertambangan galian C yang tak berizin, itu sepenuhnya menjadi kewenangan penegak hukum untuk menindaknya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge