0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indonesia Gelar Latihan Militer Bareng Australia

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Lapangan Udara El Tari Kupang dijadikan tempat latihan terbang tahunan bersama pasukan Angkatan Udara Australia. Hal ini dilakukan mulai tahun 2015 ini.

“Mulai tahun ini Mabes TNI AU telah mengalihkan tempat latihan bersama ini dilakukan di wilayah Kupang,” kata Panglima Komando Operasi Sektor Pertahanan Udara Nasional IV Kolonel (Pnb) Nanang Santoso, Senin (24/8).

Dia menjelaskan dalam satu tahun ke depan kemungkinan akan digelar dua kali latihan di Kupang. Latihan tersebut dilakukan dengan Australia maupun dengan negara-negara tetangga lainnya.

“Ini akan berlaku seterusnya, sampai dengan ada keputusan lanjutan dari pihak Mabes TNI AU,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Latihan bersama, Kolonel penerbang (Pnb) Irwan Pramuda. Dia mengatakan kurang lebih 200 personel gabungan tentara Angkatan Udara kedua negara tersebut telah tiba di Kupang pada Jumat (21/8) pekan lalu.

“Latihannya baru dimulai pada hari ini, dan dengan Australia akan berlangsung sampai pada Jumat (28/8) mendatang,” ujar Irwan.

Dia menjelaskan dalam latihan tersebut Australia menurunkan delapan pesawat tempur jenis F-18 Hornet, sementara TNI AU hanya membawa lima pesawat tempurnya jenis F-16.

Menurutnya, latihan yang bertajuk Air ManuVer Excercise (AMX) Elang Ausindo 2015 ini, selain digelar bersama dengan Australia, nanti akan menggelar latihan bersama beberapa negara tetangga seperti Brunei, Singapura. Untuk lokasi latihan sendiri, Komandan Wing Udara 3 Lanud Iswajudi Madiun ini mengatakan akan dilaksanakan di daerah selatan Kupang agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat di Kota Kupang.

“Untuk lokasi latihannya akan berada di sekitar laut Kupang bagian Selatan, sehingga tidak mengganggu warga di Kupang,” pungkasnya.

[efd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge