0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Guido van Rossum, Sang Pencipta Bahasa Python

Guido Van Rossum

Dok: Timlo.net/Wikipedia

Guido Van Rossum

Timlo.net—Guido van Rossum lahir 31 Januari 1956. Programer komputer asal Belanda ini dikenal sebagai pencipta bahasa pemograman Python. Dalam komunitas Python, Van Rossum dikenal sebagai “Benevolent Dictator for Life” (BDFL) yang berarti dia terus mengawasi perkembangan Python, membuat keputusan-keputusan bila perlu. Dia bekerja di Google mulai dari 2005 hingga 7 Desember 2012, dia menghabiskan separuh waktunya untuk mengembangkan bahasa Python pada Januari 2013, Van Rossum mulai bekerja untuk Dropbox.

Van Rossum lahir dan besar di Belanda, di mana dia memperoleh gelar master dalam ilmu matematika dan ilmu komputer dari University of Amsterdam pada 1982. Dia kemudian bekerja untuk berbagai institusi penelitian termasuk Ducth Centrum Wiskunde & Informatica (CWI), the United States National Institute of Standards and Technology (NIST) dan Corporation for National Research Initiatives (CNRI).

Python sendiri telah berkembang menjadi sebuah bahasa pemrograman yang populer. Contohnya pada November 2011, bahasa itu menjadi bahasa paling populer ketiga pada situs social coding GitHub. Dan menurut survei kepopuleran bahasa pemrograman, Python selalu berada dalam 10 bahasa yang paling disebutkan dalam iklan lowongan kerja.

Sumber: Wikipedia

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge