0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Perenang Duke Kahanamoku

Doodle Duke Kahanamoku

Dok: Timlo.net/Google

Doodle Duke Kahanamoku

Timlo.net—Hari ini, Google membuat doodle sebagai penghargaan terhadap perenang kompetisi, Duke Kahanamoku. Dia adalah pemenang medali Olimpiade sebanyak lima kali dalam olahraga renang.

Dia juga adalah seorang aktor, penegak hukum, pemain bola boli dan seorang pebisnis yang dianggap berjasa menyebarkan olahraga selancar kepada masyarakat. Kahanamoku masuk kualifikasi tim renang Amerika Serikat (AS) untuk Olimpiade pada 1912. Pada Olimpiade Musim Panas di Stockholm tahun itu, dia memenangkan sebuah medali emas untuk renang gaya bebas 100 meter dan sebuah medali perak untuk kelompok pria gaya bebas 4×200 meter.

Dia memenangkan medali perak 100 meter selama Olimpiade 1924 di Paris. Pada usia 34, dia memperoleh medali Olimpiade terakhir. Kahanamoku juga menjadi anggota cadangan untuk tim polo air AS untuk Olimpiade Musim Panas 1932.

Antara pertandingan Olimpiade dan setelah pensiun dari Olimpiade, Kahanamoku pergi ke negara-negara lain untuk menghadiri pameran renang. Dalam periode ini, dia mempopulerkan olahraga selancar, yang sebelumnya hanya dikenal di Hawaii.

Saat tinggal di Newport Beach, California pada 14 Juni 1925, Kahanamoku menyelamatkan delapan orang yang perahunya terbalik saat mencoba memasuki pelabuhan kota.

Nama Kahanamoku juga digunakan sebagai nama Duke’s Canoe Club & Barefoot Bar, sebuah restoran dan bar di Outrigger Waikiki On The Beach Hotel. Ada juga jaringan restoran yang dinamai menggunakan namanya di California dan Hawaii disebut Duke’s. Sebuah patung perunggu di pantai Waikiki di Honolulu dibuat sebagai penghormatan terhadap Kahanamoku yang meninggal karena serangan jantung pada 22 Januari, 1968 pada usia 77 tahun.

Sumber: NDTV.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge