0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nekat, Pengusaha Galian C Diancam 10 Tahun Penjara

timlo.net/agung widodo

Galian C Jenar

Sragen – Kepala Bidang Pengairan, Pertambangan dan Energi Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sragen, Subagiyono mengungkapkan, sebanyak 63  pertambangan galian C di Sragen belum mengantongi ijin operasi dan produksi. Mereka diharapkan segera mengurus perijinan ke Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah untuk mendapatkan Ijin Usaha Pertambangan (IUP).

”Jadi wewenangnya ada di provinsi, daerah hanya memberikan rekomendasi,” kata Subagiyono.

Dia menjelaskan, untuk bisa melakukan pertambangan galian C, pengusaha tambang harus melewati dua tahap, yaitu ijin wilayah IUP dan ijin eksplorasi. Mengenai tidak adanya kepemilikan ijin oleh para pelaku usaha pertambangan, lantaran para pengusaha tersebut tidak proaktif dalam mengurus ijin. Sehingga apabila tidak berijin harusnya ditutup.

”Selama belum ada ijin produksi, maka tidak boleh ada penambangan. Kalau nekat artinya risiko ditanggung sendiri,” tegasnya.

Subagiyono menerangkan, para pemilik usaha galian C yang belum mengantongi ijin tapi tetap beraktivitas melakukan penambangan, bisa dikenai sanksi berdasarkan UU No 4 tahun 2009 dan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jateng No 10 tahun 2011, yaitu pengusaha pertambangan galian C bisa diancam pidana maksimal 10 tahun dan denda hingga Rp 10 Miliar.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge