0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

LSM Pertanyakan Aktivitas Galian C

timlo.net/agung widodo

Salah satu aktivitas pertambangan galian C di Sragen

Sragen – Forum Masyarakat Sragen (Formas) menyoroti  adanya aktifitas penambangan galian C di sejumlah lokasi di Sragen. Mereka meminta polisi dan Pemkab Sragen bertindak tegas menghentikan aktifitas penambangan. Selain belum mengantongi ijin, aktifitas tersebut dinilai membawa dampak negatif terhadap lingkungan.

”Kami berharap ada upaya tegas dari pemerintah, kalau memang tidak ada ijin lebih baik dihentikan,” kata Ketua Bidang Advokasi Formas, Sri Wahono, Minggu  (23/8).

Wahono mengungkapkan, masyarakat di sekitar lokasi penambangan sudah berulang kali menyampaikan aduan dan keberatan. Namun aktifitas penambangan galian C masih terus berlangsung. Praktek galian C juga dinilainya mengakibatkan kerusakan lingkungan dan kerusakan jalan akibat adanya hilir mudik truk pengangkut tanah urug.

Senada, Ketua LSM Pagar Bangsa, Sudarno mengatakan, dampak negatif yang ditimbulkan dari aktifitas galian C jauh lebih besar ketimbang manfaat yang diterima. Dari sisi pendapatan daerah, penerimaan yang diterima Pemkab Sragen dinilai kecil, tidak sebanding dengan kerusakan lingkungan yang didapatkan.

“Aktifitas tersebut sudah berlangsung cukup lama. Pemerintah harusnya mengevaluasi dan tidak sekedar melarang lalu kembali didiamkan beraktifitas lagi,” kata Sudarno.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge