0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Galian C Sragen, Tim Polda Hentikan 3 Alat Berat

timlo.net/agung widodo

Sejumlah alat berat back hoe yang berhasil disita Polres Sragen

Sragen – Polisi terus melakukan penertiban terhadap praktek penambangan galian C yang tidak berijin di Kabupaten Sragen. Belum lama ini petugas dari Polda Jawa Tengah telah turun langsung menghentikan beroperasinya tiga alat berat lokasi galian C yang tidak berijin di kawasan Gunung Tugel, Desa Tanggan, Kecamatan Gesi.

“Tim Polda Jateng memang datang beberapa waktu lalu untuk menghentikan beroperasinya tiga eksavator dan dua pemiliknya dipanggil untuk dimintai keterangan,” kata Kapolres Sragen AKBP Ari Wibowo melalui Kapolsek Gesi, AKP Bambang Rusmanto.

Dia menjelaskan, masalah perijinan terhadap praktek galian C merupakan kewenangan dari pemerintah provinsi, sehingga pihaknya tidak bisa langsung melakukan penertiban tanpa koordinasi dengan pemerintah. Dia juga tidak mendapatkan pemberitahuan adanya aktivitas penambangan galian C di wilayahnya.

”Tahu-tahu mereka mengeruk lahan di Gunung Tugel meski belum mengantongi ijin. Basa-basi saja tidak pernah,” katanya.

Sebelumnya, Polres Sragen juga telah menyita tiga buah kendaraan alat berat (back hoe) dari sejumlah lokasi penambangan galian C tidak berijin. Bahkan kasus tersebut juga telah diproses secara hukum dan melibatkan beberapa tersangka.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge