0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

98 Bajinga Meriahkan Festival Gerobak Sapi di Candi Plaosan

timlo.net/aditya wijaya

Festival Gerobak sapi memeriahkan HUT RI di depan Candi Plaosan

Klaten — Puluhan Bajinga atau pemilik gerobak sapi memeriahkan ‘Festival Gerobak Sapi’ yang berlangsung di Kecamatan Prambanan, Klaten, Minggu (23/8). Festival itu merupakan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 70.

“Festival gerobak sapi ini diikuti 98 peserta dan merupakan event yang pertama kali diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten untuk menyambut HUT RI,” kata Camat Prambanan, Suhardi, Minggu (23/8).

Dengan diberi nomor urut, puluhan Bajinga bertopikan payung dari Kecamatan Prambanan, Manisrenggo, Kemalang, Gantiwarno, Jatinom, dan sekitarnya itu berkumpul di Lapangan Krida Buana, Desa Tlogo.

Selepas acara pembukaan, satu per satu Bajinga mengemudikan gerobaknya menyusuri jalanan beraspal sejauh empat kilometer menuju pelataran Candi Plaosan di Desa Bugisan. Tak ayal, iring-iringan gerobak sapi mengundang mata pengguna jalan untuk berhenti mengabadikannya dengan ponsel.

“Jaman dahulu gerobak sapi merupakan alat transportasi andalan masyarakat yang saat ini mulai ditinggalkan. Selain untuk melestarikannya, festival ini juga menjadi ajang promosi pariwisata bagi Klaten. Ke depan, kami akan mengembangkan wisata gerobak sapi untuk mendongkrak kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara ke Candi Plaosan,” tambah Suhardi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge