0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terkendala Visa, 79 Calhaj Diterbangkan Minggu Malam

timlo.net/nanin

Sebanyak 79 jamaah calhaj Embarkasi Donohudan bergabung dengan kloter 8

Boyolali — Sebanyak 79 jamaah calon haji (calhaj) Embarkasi Donohudan, Ngemplak, yang tertunda keberangkatanya karena terkendala visa. Rencananya Minggu (23/8) malam akan diberangkatkan ke tanah suci. Calhaj yang tertunda tersebut berasal dari kloter 1 hingga kloter 7.

“Mereka nanti akan kita ikutkan di kloter 8, sesuai jadwal diberangkatkan pukul 20.00 WIB,” ujar Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Gebtur Rachma Indriadi, Minggu (23/8).

Dijelaskan, untuk Embarkasi Donohudan, tercatat ada 147 jamaah calon haji dari kloter 1 hingga kloter 7 yang tertunda keberangkatanya. Namun pada Sabtu (22/8) malam, sebanyak 859 visa jamaah calhaj yang bermasalah sudah selesai diurus di Kedutaan Arab Saudi dan tiba di Embarkasi Solo. Setelah dipetakan, sebanyak 79 jamaah calhaj dari kloter satu sampai tujuh akan diikutkan dalam rombongan kloter 8. Sedangkan sisanya sebanyak 66 jamaah calhaj akan diberangkatkan pada kloter berikutnya.

Meski digabung dengan kloter lain, untuk kursi penerbangan tidak ada masalah. Pasalnya, panitia menerapkan mutasi kursi, dimana kursi kosong di salah satu kloter akibat permasalahan visa ataupun kesehatan akan diisi jamaah dari kloter lain sehingga jumlah kuota dalam satu kloter yang diterbangkan tetap sama.

“Tidak masalah untuk kursi penerbangan,semua sesuai peraturan yang ada,” tambahnya.

Sementara itu, terkait dengan permasalahan visa, pihaknya belum bisa memastikan berapa total visa jamaah calhaj dari Embarkasi Donohudan yang bermasalah. Untuk efektivitas, pihaknya akan menyelesaikan secara bertahap dengan prioritas jamaah calhaj yang kloternya lebih awal akan diterbangkan terlebih dahulu.

“Kita tetap berupaya keras semua visa yang bermasalah bisa terselesaikan, jadi jamaah calhaj bisa terbang bersama kloternya,” imbuhnya.

Sementara hingga hari ini, dari total 26.568 calhaj yang berangkat dari Embarkasi Solo, yang sudah diberangkat ke tanah suci sebanyak 2.476 jamaah dari kloter 1 hingga kloter 7. Tujuh kloter tersebut berasal dari Cilacap, Banyumas,Purbalingga dan Banjarnegara.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge