0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ekonomi Melemah, Konsumsi Solar Turun 15%

dok.redaksi

ilustrasi

Solo Baru – Kota Solo dan Semarang menjadi daerah dengan tingkat penurunan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) tertinggi di Provinsi Jawa tengah. Hal ini dikarenakan, kedua daerah ini menjadi pusat industri yang terkena imbas melemahnya ekonomi nasional.

“Bukan untuk konsumsi industrinya yang turun, tapi konsumsi sarana penunjangnya, seperti bahan bakar truk dan bus sebagai sarana distribusi,” kata GM Marketing Operation Region IV Pertamina, Kusnendar, Sabtu (22/8).

Melemahnya ekonomi nasional ini berimbas kepada menunurnnya aktifitas di segala sektor usaha yang berujung turunnya tingkat konsumsi BBM. Namun demikian, tidak semua jenis BBM mengalami penurunan yang cukup siginifikan, seperti premium dan pertamax tidak terlalu banyak.

Penurunan komsumsi BBM paling tinggai terjadi pada solar yang mencapai angka 15% dalam skala nasional. Sedangkan pada saat lebaran kemarin, pemakaian solar hanya 4.418 kl, atau sama dengan turun 11% dari pemakian normal.

“Artinya, sejak lebaran hingga sekarang, pemakaian solar terus menurun, begitu ekonomi slowdown, transportasinya jadi turun, bisa kita lihat di sepanjang pantura jawa, semua omset solar turun,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge