0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Api Belum Padam, Petugas Bertahan di Lereng Merbabu

foto: Nanin

TNI Polri dan relawan malam ini ngecamp di Gunung Merbabu, untuk memaksimalkan pemadaman api yag membakar hutan sejak empat hari lalu

Boyolali – Hingga hari keempat kebakaran, titik api di lereng Merbabu masih terlihat. Di wilayah Boyolali, sedikitnya masih terdapat empat titik api. Petugas TNI Polri dan relawan, Sabtu (22/8) kembali diberangkatkan untuk memadamkan titik api.

“Ada 50 anggota TNI Polri dan 50 relawan yang berangkat pagi tadi menuju ke titik api,” ujar Komandan Kodim 0724 Boyolali, Letkol Topri Daeng Balaw, melalui Pasintel Lettu Inf Tony Hidayanto.

Dijelaskan, empat titik api tersebut terpantau di wilayah Dusun Tumut, Glintangan, Wates dan Kajor, Desa Jrakah, Selo. Meski tidak terlalu besar, titik-titik api tersebut dikhawatirkan akan merembet ke wilayah lain.

Menyusul angin yang bertiup sangat kencang. Petugas mengalami kesulitan memadamkan api dikarenakan medan yang curam dan terjal serta terkendala cuaca. Titik api berada di lereng-lereng dengan kecuraman 60 – 70 derajat.

“Kita juga terkendala cuaca, di atas jam 12.00 WIB angin sangat kuat, sedangkan pukul 14.00 WIB, sudah berkabut,” tambahnya.

Selain itu, untuk menuju ke lokasi titik api, membutuhkan waktu 5 jam sampai di lokasi. Kondisi inilah yang membuat petugas dan relawan hanya mempunyai waktu sedikit untuk memadamkan titik api.

“Tim yang berangkat tadi, nanti akan ngecamp di atas, ini untuk memudahkan pemadaman bila sewaktu-waktu titik api terlihat lagi,” imbuhnya.

Selain hemat waktu, pihaknya juga mempertimbangkan kondisi fisik petugas dan relawan mengingat jauhnya perjalanan yang memakan waktu lima jam menuju ke lokasi.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge