0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Daging Ayam Naik, Pembeli Menurun

Pedagang ayam potong di pasar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Sejumlah pedagang daging ayam potong di pasar tradisional Kabupaten Karanganyar mengeluhkan merosotnya tingkat penjualan akibat tingginya harga. Konsumen beralih ke komoditas lain atau mengurangi jumlah pembeliannya.

“Konsumen sekarang jarang yang beli, kalaupun ada pasti belinya sedikit-sedikit berbeda dengan sebelum harga naik,” kata Suparmi, salah seorang padagang di Pasar Colomadu, Sabtu (21/8).

Suparmi mengatakan, sekarang ini dirinya hanya mengandalkan langganan dari rumah makan dan warung. Namun hal itu tidak bisa jadi jaminan karena sebagian besar rumah makan maupun warung juga mengurangi jumlah pembeliannya.

“Andalan kami saat ini hanya rumah makan dan penjual makanan yang berdasar dari ayam, itupun jumlahnya menurun,” ucapnya kepada wartawan.

Suparmi menyebutkan tingginya harga itu sudah dirasakan para pedagang sejak beberapa pekan terakhir ini. Menurutnya, harga daging ayam yang biasanya hanya Rp25.000 – Rp28.000 setiap kilogram, kini naik menjadi Rp 33.000 – Rp 35.000 setiap kilogramnya.

“Banyak konsumen tidak jadi beli, kalau terus-terusan begini kami akan rugi terus,” katanya.

Akibat sepinya pembeli, tambah Suparmi, tidak jarang ia harus menjual daging ayam miliknya itu kepada para peternak hewan pemakan daging. Seperti untuk makanan buaya, atau hewan-hewan pemakan daging lainnya. Jika tidak seperti itu maka bisa dipastikan daging tidak laku dan akhirnya busuk dan tidak terjual.

“Daripada busuk tak laku dijual, mending dijual untuk pakan hewan,” lanjutnya.

Ia berharap para peternak menurunkan harga daging ayam itu. pasalnya standar harga daging ayam kata dia yang menentukan adalah peternak. Sedangkan para pedagang hanya mengikuti harga yang sebelumnya telah ditentukan. Jika harga kulakan tinggi maka secara otomatis harga di tingkat pedagang akan tinggi dan begitupula sebaliknya.

“Kita itu enak kok, kalau dari sana turun pasti kita juga akan turunkan, kita juga tidak mau rugi karena tidak ada pembeli,” ucapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge