0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasangan Jalur Independen Penuhi Syarat Dukungan

timlo.net/aditya wijaya

Rapat pleno penelitian syarat dukungan jalur independen KPU Klaten

Klaten – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten menyatakan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup), Mustafid Fauzan – Sri Harmanto, memenuhi syarat dukungan jalur independen. Hal itu diumumkan dalam rapat pleno di Aula KPU Klaten, Jumat (21/8).

“Setelah melakukan penelitian perbaikan syarat dukungan, pasangan Mustafid Fauzan – Sri Harmanto dinyatakan MS (memenuhi syarat) jalur perseorangan sesuai minimal dukungan yang telah ditetapkan KPU,” kata Komisioner KPU Klaten Divisi Pemungutan Penghitungan Suara, Joko Hadi Siswanto, Jumat (21/8).

Dijelaskannya, dari total 55.513 dukungan yang diserahkan dan diteliti KPU Klaten, sebanyak 42.285 dukungan memenuhi syarat (MS). Sedangkan sisanya, 13.228 dukungan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Sebabnya, untuk maju di Pilkada Klaten dari jalur perseorangan, Fauzan- Harmanto harus mengumpulkan syarat dukungan minimal 82.861 dukungan dari jumlah penduduk Klaten. Namun, keduanya baru memperoleh 62.644 dukungan. Sehingga harus memenuhi dua kali lipat dari jumlah kekurangan, yakni 40.434 dukungan.

“Ada 62.644 dukungan yang MS pada penyerahan pertama. Kemudian, pada perbaikan syarat dukungan kedua, ada 42.285 dukungan yang MS. Jadi total dukungan MS yang diserahkan ke KPU Klaten sebanyak 104.929 dukungan. Proses berikutnya adalah penetapan pasangan calon yang akan mengikuti Pilkada Klaten 2015 pada rapat pleno 24 Agustus mendatang,” jelas Joko.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge