0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Api Masih Berkobar di Hutan Lawu

timlo.net/nanang rahadian

Lereng Lawu masih terbakar

Karanganyar — Kebakaran hutan yang melanda kawasan Gunung Lawu belum sepenuhnya padam. Padahal sudah lebih dari 24 jam dari pertama kali diketahui ada titik api. Hingga Jumat (21/8) siang, api masih berkobar di beberapa titik, meskipun banyak yang telah padam.

“Perkiraan sementara, 90 hektar hutan Lawu terbakar,” kata Kepala Resor Pemangkuan Hutan (KRPH) Lawu Utara Sutiman.

Hutan yang terbakar berada di petak 62 L, berada di selatan jalur pendakian Cemoro Kandang. Tidak menutup kemungkinan, luas hutan yang terbakar bertambah. Sebab api belum padam dan masih menjalar ke arah selatan.

“Di lahan itu, banyak semak dan ilalang. Proses pemadaman terus dilakukan tim SAR bersama relawan dan masyarakat sekitar,” katanya.

Kobaran api masih terlihat di Bukit Pranten, di Dukuh Tlogo Dlingo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu. Hutan di kawasan Tlogo Dlingo biasanya dijadikan tempat untuk pendidikan dan latihan dasar pecinta alam. Catatan RPH Lawu Utara, hutan di kawasan tersebut pernah terbakar tiga tahun lalu.

“Perkiraan sementara karena adanya gesekan ranting kering. Cuaca yang panas pada musim kemarau, mempercepat timbulnya api dari gesekan itu,”lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Nugroho mengatakan, hingga saat ini sudah puluhan relawan yang membantu pemadaman.

“Pemadaman hanya bisa dilakukan dengan cara manual. Lokasi yang luas dan berada di perbukitan menyulitkan kami untuk memadamkan menggunakan air,” kata Nugroho.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge