0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Survei: 48 Persen Pengguna Apple Music Berhenti Gunakan Layanan Itu

logo apple
Logo Apple. (Dok: Timlo.net/ Google Image.)

Timlo.net—Sebelumnya diberitakan jika 11 juta orang mendaftar program layanan tiga bulan uji coba gratis Apple Music. Angka ini menunjukkan Apple meraih sukses besar mengingat pesaingnya Spotify memiliki 20 juta pengguna berbayar. Tapi sebuah survei menyatakan jika 48 persen pengguna yang mencoba program Apple Music secara gratis, berhenti mengggunakan layanan itu.

Apple Music dirilis pada 30 Juni, berarti mereka yang mendaftar program free trial bisa menikmati layanan streaming musik hingga 30 September. Setelah itu, Apple mengenakan biaya bulanan sebesar $9.99 (Rp 130 ribu) atau $14.99 per bulan untuk paket keluarga (hingga enam orang).

Survei ini diadakan oleh MusicWatch terhadap 5000 pengguna di Amerika Serikat (AS) yang berusia 13 tahun ke atas. “Dalam hal pengukuran Apple Music, 40 persen pengguna iOS sudah membeli produk digital dari iTunes, menyatakan jika Apple Music bisa meraih angka lebih besar. Hal ini adalah kerugian yang mereka alami karena tidak menjadi pemrakarsa utama di sebuah pasar di mana ada layanan lain yang sangat bagus sudah ada,” kata Russ Crupnick, managing partner MusicWatch.

Survei itu juga menyatakan jika dua pertiga pengguna program free trial sangat bersedia untuk membayar biaya berlangganan begitu program gratis itu berakhir. Padahal dalam survei, 61 persen responden berkata mereka sudah mematikan pilihan pembaruan otomatis program itu di alat iOS mereka, tulis Phone Arena.

Tapi hasil survei ini dibantah oleh Apple, tulis USA Today. Tom Neumayr, seorang juru bicara Apple berkata jika hanya 21 % pengguna yang berhenti menggunakan Apple Music sejak dirilis pada 30 Juni lalu.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge