0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembubaran atau Peleburan Lembaga Non Kementerian Terus Berlanjut

dok.merdeka.com
Wapres Jusuf Kalla (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, pemerintah bakal membubarkan seratus lembaga non-kementerian. Kabarnya, hal itu sebagai langkah penghematan.

Ihwal rencana ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah sedang mengkaji rencana itu. Menurut JK, lembaga-lembaga itu bukan dibubarkan, melainkan dilebur.

“Kita pilah-pilah dulu. Yang sekarang dibicarakan lembaga yang pendiriannya berdasarkan peraturan pemerintah saja. Jadi bisa diubah PP-nya,” kata JK di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (20/8).

Menurut JK, sasaran pembubaran dan peleburan adalah lembaga-lembaga dibentuk berdasarkan kebutuhan, dengan payung hukum Keputusan Presiden (Keppres) atau Peraturan Presiden (Perppres).

“Lembaga kan terbagi dua. Lembaga yang diharuskan oleh undang-undang tentu tetap jalan, terkecuali undang-undang nanti berubah. Tapi lembaga yang hanya didirikan berdasarkan kebutuhan pada waktu tertentu, dan kemudian hanya didirikan dengan Keppres dan Perppres, itu dapat dilebur,” ujar JK.

JK mengaku belum melakukan kajian lebih rinci mengenai rencana peleburan lembaga-lembaga tersebut.

“Saya belum dikaji karena baru diminta oleh Seskab dan Menpan. Tugas Menpan dan Seskab dan Sesneg untuk kaji semua,” ucap JK.

Presiden Joko Widodo sudah membubarkan sepuluh lembaga, yakni Dewan Penerbangan dan Antariksa Nasional, Lembaga Koordinasi dan Pengendalian Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat, Dewan Buku Nasional, serta Komisi Hukum Nasional.

Presiden Jokowi juga sudah meniadakan Badan Kebijaksanaan dan Pengendalian Pembangunan Perumahan dan Permukiman Nasional, Komite Antar-Departemen Bidang Kehutanan, Badan Pengembangan Kawasan Ekonomi Terpadu, Komite Aksi Nasional Penghapusan Bentuk-bentuk Pekerjaan Terburuk untuk Anak, Dewan Pengembangan Kawasan Timur Indonesia, dan Dewan Gula Nasional.

[ary]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge