0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Padang Rumput Lereng Lawu Dilalap Api

Lereng Lawu terbakar pada Kamis malam

Karanganyar — Kebakaran kembali melanda hutan di wilayah Gunung Lawu, Kamis (20/8). Api terlihat di sekitar Dusun Tlogodlingo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu. Belum diketahui luasan hutan yang terbakar sejak sore.

“Memang benar hutan sekitar Tlogodlingo terbakar, relawan kami sudah ada yang di lokasi,” kata Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Nugroho, saat di hubungi wartawan, Kamis malam.

Informasi yang dihimpun, api terlihat di perbukitan selatan posko pendakian Cemoro Kandang. Nyala api bisa terlihat dari perbatasan Desa Blumbang-Gondosuli.

“Informasi dari relawan, lokasi kebakaran merupakan padang rumput yang sering dijadikan tempat kemah para pecinta alam,” terang Nugroho.

Nugroho menambahkan, sedikitnya ada empat titik api yang membakar kawasan padang rumput di perbukitan sekitar Tlogodlingo.Hingga saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait termasuk Perhutani selaku pemilik lahan untuk melakukan pemadaman.

“Kemungkinan baru besok pagi kita mulai melakukan pemadaman,” jelas Nugroho.

Menurut pengalaman tahun-tahun sebelumnya, lanjut Nugroho, pemadaman akan dilakukan dengan melokalisir titik api sehingga api tidak merembet lebih luas. Angin kencang yang bertiup saat musim kemarau semakin mempercepat kobaran api meluas terutama di padang rumput yang kering.

“Kami menghimbau kepada warga maupun para pendaki untuk tidak meninggalkan api jika tidak benar-benar sudah mati,” kata Nugroho

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge