0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Air Terbatas, Petani Kedelai Tegalrejo Berhasil Panen Raya

timlo.net/agung widodo

Panen raya benih sumber kedelai di Dukuh Soko, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang, Sragen, Kamis (20/8).

Sragen — Kendati dengan keterbatasan air, petani kedelai di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang, Sragen berhasil melakukan panen raya perdana kedelai varietas unggul. Panen benih kedelai ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian warga setempat di tengah iklim cuaca yang tidak mendukung.

“Harapannya tidak hanya tahun ini, tapi tahun depan panen bibit kedelai ini bisa lebih bagus. Meskipun kendalanya terkait masalah keterbatasan air,” kata Kepala Desa Tegalrejo, Heru Setyawan, usai panen raya benih sumber kedelai di Dukuh Soko, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang, Sragen, Kamis (20/8).

Menurut Heru, selama ini petani di Desa Tegalrejo hanya mengandalkan kebutuhan air dari Waduk Gebyar. Itu pun tidak bisa mencukupi semua areal persawahan lantaran belum sampai tujuan air telah habis terlebih dahulu.

Dia mengharapkan ada bantuan sumur dalam untuk mengairi sekitar 224 hektar tanaman selama musim kering. Selain itu petani yang terbagi dalam 8 kelompok tani juga membutuhkan alat mesin pertanian (Alsintan).

“Petani Tegalrejo sangat membutuhkan adanya sumur dalam untuk suplay air di sini. Kami punya 8 kelompok tani, berarti butuh 8 titik sumur dalam,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge