0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Klaim Pelemahan Rupiah Karena Ekonomi Global

dok.merdeka.com

Bambang Brodjonegoro

Timlo.net – Pemerintah membantah sengaja melemahkan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS. Pelemahan Rupiah dinilai akibat imbas dari perlambatan ekonomi global.

“Tidak ada yang sengaja melakukan ini (pelemahan). Ini kita ikuti mekanisme yang ada saat ini. Saya tidak suka kalau ada yang nyeloteh Rupiah sengaja dilemahkan,” ujar Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Kamis (20/8).

Menurut dia, kondisi saat ini memang membuat Rupiah sulit menguat terhadap Dolar AS lantaran mata uang negara lain pun ikut melemah. Jadi, kata dia, jika Rupiah diperkuat secara sengaja oleh pemerintah, sedangkan mata uang negara lain sedang melemah maka daya saing akan terganggu.

Bambang menegaskan saat ini pemerintah masih melihat kondisi fundamental nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS. Meskipun, saat ini Rupiah berada jauh di bawah ekspektasi pemerintah.

“Yang sekarang memang sangat undervalue ya, jadi harus diupayakan lebih diperkuat. Hari ini bukan karena fundamentalnya tapi yang terjadi hari ini itu karena global,” pungkas dia.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge